Sistem Operasi Windows dari Micosoft “Down”, Banyak Fasilitas Publik Lumpuh

 

Jutaan perangkat yang menggunakan Sistem Operasi Windows diseluruh dunia mengalami gangguan atau eror. Pengguna Windows rame mengunggah perangkat mereka yang mengalami eror di media sosial. Tampilan sistem Windows berlatar belakang biru disertai teks yang menunjukan gangguan mewarnai media social “X” pada Jumat/ 19 juli 2024. Masalah ini membuat Sistem Windows tidak bekerja sehingga meminta pengguna untuk melakukan restart.

Salah satu pengguna yang mengeluhkan peristiwa di X dengan akun @dvegen80167 mengungkapkan gangguan Windows ini mempengaruhi sejumlah lembaga dan organisasi termasuk bank di Amerika Serikat dan Australia.

Adapun pihak Microsoft sudah mengetahui persoalan ini dan mengatakan sedang mengambil langkah mitigasi.

Diketahui gangguan ini menyebabkan disrupsi di banyak layanan publik di AS. Mereka yang terdampak antara lain bank, bandara dan maskapai penerbangan.

Masalah yang sama juga terjadi di Indonesia, sejumlah karyawan kantor di Jakarta melaporkan kendala blue screen Windows itu.

Menurut laporan sejumlah pengguna, gangguan Windows terjadi setelah pengguna melakukan update sistem keamanan Microsoft ke versi terbaru.

Berbagai layanan yang terdampak dari gangguan sistem operasi Windows yaitu :

Maskapai Penerbangan

Salah satu sektor yang paling terdampak signifikan adalah sektor penerbangan. Maskapai penerbangan besar di  Australia, Spanyol, India dan Prancis menghentikan operasinya. Demikian juga Delta dan Allegiant sebagai maskapai penerbangan besar AS yang ikut berhenti operasi.

 Rumah Sakit

Sistem kesehatan masing-masing negara juga terkena dampak peristiwa ini.

Bloomberg melaporkan bahwa rumah sakit di Inggris kesulitan meng-akses data pasien, sementara Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering di New York harus menunda dimulainya semua prosedur pembedahan dengan anestesi.

Di rumah sakit Perancis, staf secara manual mengarahkan pasien ke janji temu manual setelah proses check-in gagal. Menariknya, penyedia layanan kesehatan Pittsburgh, UPMC, mengatakan perangkat Windows-nya hanya memiliki sedikit masalah dan relatif bebas dari eror.

 Pasar Saham

Meskipun beberapa orang mungkin memperkirakan pemadaman TI besar-besaran yang terkait dengan Microsoft akan berdampak pada harga saham Microsoft, pemadaman tersebut sebenarnya menyebabkan perdagangan saham dihentikan sementara di beberapa lokasi.

Misalnya, Bursa Efek London Inggris harus menunda dimulainya perdagangan pada Jumat (19 Juli 2024) pagi.

Karena perusahaan mengoperasikan berbagai sistem, banyak perusahaan yang tetap tidak terpengaruh, seperti New York Stock Exchange dan Nasdaq, yang aktif dan berjalan pada hari kegagalan Windows.

 Panggilan Darurat

Banyak layanan publik dan swasta bergantung pada mesin berbasis windows untuk infrastruktur dan fungsi dasar mereka. Gangguan dari CrowdStrike juga memengaruhi layanan darurat.

Dibeberapa negara bagian AS seperti Alaska dan Ohio layanan darurat tidak tersedia dan pemerintah setempat telah menerbitkan daftar nomor darurat alternatif yang dapat digunakan oleh masyarakat. Tapi 911 Alaska tetap aktif di kota terbesar di negara bagian itu, Anchorage meskipun program di beberapa negara bagian lain telah ditangguhkan.

 Berbagai Siaran Televisi

Faktanya adalah televisi menyiarkan banyak teknologi komputer dengan menggunakan popularitas Windows di seluruh dunia. Salah satu yang populer adalah Sky News di Inggris Raya yang mengalami gangguan pada Jumat (19/7) karena masalah Windows. Beberapa saluran televisi Prancis juga terkena dampak yang salah satunya tidak dapat menampilkan informasi cuaca kepada pemirsa karena adanya masalah teknis. Di AS, NBC News dan MSNBC juga menghadapi masalah yang sama.

 Time Square

Time Square New York yang menyerupai layar raksasa yang menampilkan berbagai iklan atau hiburan juga gelap karena terjadinya eror pada sistem operasi Windows pada Jumat pagi (19/7).


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama